Inilah Karakteristik Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis yaitu rimba yang mempunyai keanekaragaman tumbuhan yang begitu tinggi, atau rimba dengan pohon-pohon yang tinggi, iklim yang lembab, serta curah hujan yang tinggi (Zaenuddin, 2008).
Selain memiliki memiliki banyak manfaat hutan. Hutan hujan tropis ada beragam kehidupan hewan serangga yang jumlahnya tidak terhitung serta terkadang mempunyai warna yang indah sekali. Diluar itu banyak pula ada katak pohon, kadal, ular, burung, tupai, monyet, dll. Beberapa besar hidup hewan-hewan itu diatas pohon serta begitu tidak sering turun untuk menyentuh tanah sepanjang hidupnya. Tumbuhan penyusun dari rimba hujan ini bisa bertukar daun-daunya tiap-tiap tahunnya dengan cara perorangan. Akan tetapi tak ada pergantian musiman yang teratur serta tak juga punya pengaruh pada semua vegetasi yang ada. Selama th. berlangsung pembungaan serta pembentukkan buah, walau ada kecenderungan tiap-tiap tumbuhannya mempunyai musim pembuahan pada beberapa saat spesifik serta berbeda untuk masing- masing type tumbuhan. Sistem sekian dimaksud dengan tanda-tanda cauliflory (berbunga serta berbuah pada batang atau dahan-dahan yang sudah tua serta tak berdaun lagi). Sistem serta siklus yang sekian itu adalah tanda-tanda yang begitu umum dalam lokasi rimba hujan tropis (Ardiananda, 2008).

A. Ciri-ciriistik Rimba Hujan Tropis
Rimba hujan tropika terbentuk di bebrapa lokasi beriklim tropis, dengan curah hujan tahunan minimal sekitar pada 1, 750 millimetre (69 in) serta 2, 000 millimetre (79 in). Sedang rata-rata temperatur bulanan ada diatas 18 °C (64 °F) di selama th..
Rimba basah ini tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian sekitaran 1. 200 m dpl., diatas tanah-tanah yang subur atau relatif subur, kering (tak tergenang air kurun waktu lama), serta tak mempunyai musim kemarau yang riil (jumlah bln. kering 2).
Rimba hujan tropika adalah vegetasi yang paling kaya, baik dalam makna jumlah type makhluk hidup yang membentuknya, ataupun dalam tingginya nilai sumberdaya tempat (tanah, air, sinar matahari) yang dipunyainya. Rimba dataran rendah ini didominasi oleh pohon-pohon besar yang membuat judul berlapis-lapis (layering), sedikitnya tinggi judul paling atas rata-rata yaitu 45 m (tertinggi dibanding rata-rata rimba yang lain), rapat, serta hijau selama th.. Ada tiga susunan judul atas di rimba ini :
1. Susunan pohon-pohon yang lebih tinggi, nampak disana-sini serta menonjol diatas atap judul (kanopi rimba) hingga di kenal sebagai “sembulan” (emergent). Sembulan ini dapat sendiri-sendiri atau terkadang menggerombol, tetapi tidak banyak. Pohon-pohon paling tinggi ini dapat mempunyai batang bebas cabang kian lebih 30 m, serta dengan lingkar batang sampai 4, 5 m.
2. Susunan kanopi rimba rata-rata, yang tingginya pada 24–36 m.
3. Susunan judul bawah, yang tidak selamanya menyambung. Susunan ini tersusun oleh pohon-pohon muda, pohon-pohon yang tertekan pertumbuhannya, atau beberapa jenis pohon yang tahan naungan.
4. Kanopi rimba banyak mensupport kehidupan yang lain, seumpama beragam type epifit (termasuk juga anggrek), bromeliad, lumut, dan lumut kerak, yang hidup menempel di cabang serta rerantingan. Judul atas ini sekian padat serta rapat, membawa konsekwensi untuk kehidupan dilapisi bawahnya. Tetumbuhan dilapisi bawah biasanya terbatas keberadaannya oleh sebab kurangnya sinar matahari yang dapat meraih lantai rimba, hingga orang serta hewan cukup leluasa jalan di basic rimba.
Ada dua susunan judul lagi di aras lantai rimba, yaitu susunan semak serta susunan vegetasi penutup tanah. Lantai rimba begitu kurang sinar, hingga cuma beberapa jenis tumbuhan yang toleransi pada naungan yang bertahan hidup disini ; di samping beberapa jenis pemanjat (liana) yang melilit batang atau mengait cabang untuk meraih atap judul. Walau demikian kehidupan yg tidak demikian membutuhkan sinar, seperti bermacam kapang serta organisme pengurai (dekomposer) yang lain tumbuh berlimpah ruah. Dedaunan, buah-buahan, ranting, serta bahkan juga batang kayu yang rebah, selekasnya jadi busuk di jabarkan oleh bermacam organisme tadi. Pemakan semut raksasa juga hidup disini.
Pada bebrapa waktu spesifik saat judul tersibak atau terbuka lantaran suatu hal sebab (pohon yang rubuh, umpamanya), lantai rimba yang saat ini kaya cahaya matahari selekasnya diinvasi oleh beragam type terna, semak serta anakan pohon ; membuat semacam rimba yang rapat.