Diet Ekonomis dan Bisa Terus Makan Sepuasnya dengan Cemilan Sehat Superfood Chia Seed

Chia seed akhir-akhir ini sudah banyak menjadi bahan gosip di komunitas pecinta makanan organik. Bentuknya kecil, tetapi konon katanya mempunyai kandungan yang begitu baik bagi tubuh, apalagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Chia seed adalah jenis biji-bijian kecil yang bersumber dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman Salvia hispanica L tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Tapi belakangan ini, chia seed sudah mulai tersedia di Indonesia dan dijadikan salah satu cemilan organik yang sangat diidamkan. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar dan untuk menyajikannya, Anda butuh merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit, bisa juga menggunakannya mencampur di makanan lain.

Chia seed dipercaya mempunyai berbagai kandungan kesehatan, diantaranya adalah membantu untuk menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil tersebut mudah mengembang setelah beberapa saat direndam di dalam air. Dan jauh lebih mengembang lagi setelah chia seed masuk di dalam perut, itulah mengapa chia seed mampu membantu orang yang memakannya bisa merasa kenyang lebih tahan lama, dan ada yang mempercayai dapat mempercepat untuk menurunkan berat badan.

Chia seed sendiri sebetulnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk merendahkan trigliserida. Selain mengandung asam lemak omega-3, chia seed juga mengandung cukup banyak serat, yaitu paling sedikitnya 10 gram serat berada didalam 28 gram chia seed. selain itu, 28 gram chia seed juga mengandung beberapa macam nutrisi lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Antara lain 18% jumlah kalsium harian yang diinginkan, 30% manggan, 27% fosfor, 5 gram protein, 12 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 138 kalori. Bahkan chia seed mengandung tembaga, kalium, dan zinc.

Apa Sajakah Manfaat Chia seed?
Bagi Anda yang menyukai jajanan organik atau menjalankan diet raw food, mungkin sudah pernah mendengar berbagai fungsi chia seed. Tetapi, sebenarnya masih diperlukan lebih banyak lagi riset mengenai manfaat chia seed sendiri.
Bagi Anda yang penasaran dengan ragam manfaat chia seed, dibawah ini merupakan beraneka manfaat yang dikiranya terkandung pada chia seed.

Merendahkan berat badan jumlah serat yang begitu tinggi didalam chia seed beserta manfaat kalorinya yang begitu rendah menjadikannya diyakini mampu menurunkan berat badan. Karena makanan yang mempunyai serat tinggi umumnya dapat mempermudah untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Untuk Anda yang mengidap penyakit divertikulosis kantung yang membentuk di dinding usus serta menonjol ke luar rongga perut, mengonsumsi makanan yang mempunyai serat tinggi bisa melancarkan pergerakan usus dan sangat mungkin lebih banyak air diserap dalam usus besar. Selain itu, makanan serat juga dapat mengobati peradangan dan tekanan pada usus besar.

Memiliki peran sebagai detoks dan pencernaan membuang racun sisa metabolisme tubuh dengan feses dan empedu merupakan hal yang utama. Itulah mengapa buang air besar secara teratur tidak kalah pentingnya dengan buang air kecil. Demi menjaga keteraturan buang air besar, tubuh membutuhkan asupan yang memiliki serat. Dengan kandungan serat yang begitu tinggi, chia seed juga dijadikan suatu cemilan yang dipercaya bisa membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan.

Teliti Cara Pengolahannya
Guna menghasilkan manfaat chia seed diatas dengan maksimal, Anda butuh meraciknya secara baik. Dari suatu kasus pada seorang penderita gangguan menelan makanan, chia seed dapat menyebabkan sumbatan pada saluran makanan (esofagus) dikarenakan sifatnya yang mudah menyerap air sekitarnya. Chia seed bisa melar hingga 27 kali dibanding berat aslinya. Maka disarankan chia seed ditelan bersama cemilan atau cairan lain.

Bila Anda menginginkan untuk menikmati chia seed dijadikan menu harian, Anda dapat menghidangkannya dengan berbagai cara. Diawali dari menjadikannya suatu bahan membikin olahan puding, muffin, dan selai.

Kandungan beragam nutrisi yang ada pada chia seed memang dapat membuat seseorang jatuh hati. Walaupun masih membutuhkan lebih banyak lagi riset tentang kandungan chia seed untuk kesehatan, tak ada salahnya mencampurkan chia seed ke dalam hidangan harian Anda. Tetapi perlu diingat untuk mencampurnya dengan benar, demi khasiatnya bisa menghasilkan secara maksimal.

Sumber : Jual Chia Seed